Skip to main content

BAND REVIEW 3.0

-Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca atau sering disingkat menjadi ERK merupakan band indie yang juga bersasal dari Jakarta. Band ini beranggotakan Cholil Mahmud (Vocal, Guitar), Adrian Yunan Faisal (Vocal, Bass, Guitar), Poppie Airil (Vocal, Bass) dan Akbar Bagus Sudibyo (Vocal, Drum). Hal yang unik dari band ini adalah penggunaan kalimat-kalimat pada lirik lagunya yang menggambarkan keadaan sosial masyarakat di sekitar kita dari berbagai tingkat dan golongan. Sampai saat ini, sudah tiga album studio yang mereka rilis.

Saat pertama kali mendengar band ini, saya mendengarkan lagu Kenakalan Remaja Di Era Informatika. Melihat dari judulnya, saya pikir ini sudah sangat unik. Pemilihan kata seperti "Informatika" menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. Ketika mendengar lagunya, bisa dibilang saya langsung menyukainya. Lirik-lirik yang mungkin bagi orang lain terdengar aneh atau asing, tetapi tidak bagi saya. Sungguh menggambarkan keadaan sosial di masyarakat.

Setelah itu, lagu yang saya dengarkan adalah Lagu Cinta Melulu. Lagi-lagi, lirik lagu ini menggambarkan keadaan yang terjadi pada saat itu, khususnya di industri musik Indonesia. Di mana hampir semua lagu yang beredar atau dikeluarkan band pada waktu itu adalah mengenai cinta. Sehingga ketika itu bisa dibilang industri musik Indonesia menjadi sangat membosankan karena tidak ada variasi lagu yang beredar. Maka, dengan adanya lagu dari ERK ini menambah kesegaran dalam industri musik Indonesia. Walaupun, memang tidak mudah mereka mencapainya, karena pada awalnya mereka ditolak di mana-mana ketika ingin memamerkan lagu-lagu mereka.

Seiring berjalannya waktu, penikmat musik Indonesia bisa dibilang matanya terbuka. Masyarakat sudah bosan dengan lagu-lagu dengan irama pop bertemakan cinta. Hingga akhirnya ERK mempunyai penikmat musiknya sendiri yang bisa dibilang sudah sangat banyak sekarang ini.

Untuk kalian yang belum pernah mendengarkan lagu-lagu ERK, kalian bisa coba mendengarkan kedua lagu yang saya sebutkan tadi. Bisa dibilang kedua lagu itu pula yang membawa ERK dikenal masyarakat banyak dan terkenal hinggat sekarang. Mungkin, setelah itu kalian bisa mencoba mendengarkan lagu seperti Balerina, Di Udara dan Kau Dan Aku Menuju Ruang Hampa. Lagu-lagu tersebut memiliki irama yang asik untuk dinikmati sehingga bisa lebih mudah disukai dan dimengerti.

Selamat mendegarkan!


Comments

Popular posts from this blog

POETRY 38.0

-Terjerat Hasrat Sore itu, Kita berjanji untuk berjumpa Di satu sudut ruang berkaca Tak sabar kau menungguku tiba Yang disambut dengan senyum canda Malam itu, Pesan martabak tidak termakan Hanya dirimu yang kuinginkan Hasrat bergejolak tak tertahan Kita tergesa sepanjang malam Pagi itu, Waktu menunjukkan pukul enam Tetap terasa seperti malam Kita kembali untuk bergumam Lalu disambung dengan senyuman Hari itu, Salah satu momen terindahku Melewati malam bersamamu Tentu selalu aku merindu Untuk kembali kita bercumbu

POETRY 33.0

-Memori Abadi Untuk memori yang abadi Tetaplah singgah di hati Jangan pergi, jangan mati Untuk memori yang abadi Tak akan bisa terganti Tetap asli, tetap asri Untuk memori yang abadi Datang dari relung hati Tak permisi, tak sendiri Untuk memori yang abadi, Untuk dirimu yang berjanji Selalu aku sayangi Selalu aku kasihi

POETRY 37.0

-Malam di Melbourne Hujan tak kunjung mereda Hati tak juga merasa Angin berhembus kencang Asa seakan terjaga Kita terduduk berdua Tak ada yang lainnya Kita hanya berkaca Tak ada kata-kata Hujan semakin menjadi Hati semakin mencari Angin juga tak berhenti Asa juga tak terbagi Kita berakhir bersama Tak ada lagi gulana Kita mulai biasa Tak ada pura-pura Malam, Mulai mengalir Malam, Jangan berakhir